Rabu, 03 Juni 2009

Dukungan Media Komunikasi dalam Pendidikan e-learning



e-Learning atau electronic learning kini semakin dikenal sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah pendidikan, baik di negara-negara maju maupun di negara yang sedang berkembang. Banyak orang menggunakan istilah yang berbeda beda dengan e-learning, namun pada prinsipnya e-learning adalah pembelajaran yang menggunakan jasa elektronika sebagai alat bantunya. e-Learning memang merupakan suatu teknologi pembelajaran yang yang relatif baru di Indonesia. Untuk menyederhanakan istilah, maka electronic learning disingkat menjadi e-learning. Kata ini terdiri dari dua bagian, yaitu ‘e’ yang merupakan singkatan dari ‘electronica’ dan ‘learning’ yang berarti ‘pembelajaran’. Jadi e-learning berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika. Jadi dalam pelaksanaannya e-learning Penggunakan jasa audio, video atau perangkat komputer atau kombinasi dari ketiganya. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin hari semakin berkembang telah memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini interaksi antara guru dan peserta didik tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan mediamedia tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan peserta didik atau guru menggunakan alat bantu seperti video dan music yang dapat membuat anak merasa tidak bosan. Dengan menggunakan alat bantu video dan musik peserta didik dapat belajar dengan suasana yang tidak membosankan karena pada dasarnya peserta didik mempunyai daya pikir sendiri untuk dapat mengembangkan kemampuannya dalam memperoleh informasi dari yang dipelajarinya. Sedangkan dengan menggunakan media lain seperti computer peserta didik dapat juga memperoleh informasi dalam lingkup yang lebih luas dari berbagai sumber melalui ruang maya dengan menggunakan internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.
Menurut Rosenberg (2001; 28), e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang
berlandaskan tiga kriteria yaitu:
1. e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui,
menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi,
2. pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan
Menggunakan teknologi internet yang standar,
3. memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di
Balik paradigma pembelajaran tradisional.

Teknik belajar dengan menggunakan alat bantu audio atau video

Bagaimana caranya ?
1. Siapkan terlebih dahulu DVD player dan cd materi yang akan digunakan
2. Peserta didik memperhatikan tayangan cd materi dan menarik kesimpulan
dari yang didapat
3. Kemudian peserta didik dapat mempresentasikan didepan guru atau didepan
teman-teman mengenai apa yang telah ditemukan sehingga peserta didik yang
lain dapat mengerti temuan peserta didik lainnya dan dilakukan tanya jawab
yang dipimpin oleh guru pembimbing.

Teknik belajar dengan menggunakan alat bantu computer

Bagaimana caranya ?
1. Siapkan terlebih dahulu komputer yang akan digunakan
2. Guru memberi materi atau topik yang akan diajarkan
3. Peserta didik membuka komputer dan mencari informasi mengenai materi
yang diberikan
4. Kemudian peserta didik menyimpulkan dan mendiskusikan kepada teman
satu kelompok
5. dan yang terakhir peserta didik mempresentasikan didepan guru mengenai
apa yang telah didapat.

Dengan sistem belajar tersebut diharapkan peserta didik dapat belajar dan
tertarik untuk mencari infomasi sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dan lebih terdorong untuk belajar dan berpikir.

Aplikasi E-Learning dapat disimpulkan bahwa :

1. Model Pembelajarn e-Learning bisa menggunakan jasa audio, video atau perangkat komputer atau kombinasi dari ketiganya.

2. Proses belajar mengajar menggunakan alat bantu video dan musik dapat mendorong peserta didik untuk belajar dengan diiringin musik dan gambargambar atau tampilan yang menarik lewat video sehingga peserta didik lebih senang yang tidak merasa bosan dengan bahan yang diajarkan dan proses belajar mengajar menggunakan alat bantu komputer dapat juga mendorong peserta didik selalu ingin tau mengenai informasi yang ingin didapat sehingga peserta didik lebih aktif untuk mencari informasi.

Adapun kata perlu menganalisa dampak Elearning tersebut. Baik dari segi Positif ataupun Negatif :

1. Kelebihan e-learning

Kelebihannya yaitu peserta didik dapat merasa senang dan tidak bosan dengan materi yang diajarkan karena menggunakan alat bantu seperti video, audio dan juga dapat menggunakan alat bantu seperti komputer bagi sekolah yang sudah mempunyai peralatan komputer.

2. Kekurangan e-learning

Guru banyak yang belum siap menggunakan metode e-learning dan masih
mengajar menggunakan metode ceramah serta belum terampil menggunakan fasilitas seperti video dan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar